Friday, June 8, 2012

Prep step 1 : Pick the venue



Yaakk.. seperti yang sudah awam di Jakarta, tanggal pernikahan ditentukan oleh ketersediaan gedung.
Sementara tidak semua gedung bisa digunakan untuk Pesta Adat Batak. Ada gedung yang khusus, tapi gedung nasional hanya yang berkapasitas besar yang bisa memuat meja dan kursi untuk Gala Lunch kita.
Belum lagi ada gedung nasional yang tidak memperbolehkan menu babi.. hiks.. sedih kan gak ada babi.. *ngok*


Saya sendiri sampai detik ini baru 3 pesta adat yang dihadiri, di Sejahtera, Corpatarin dan Mulia.
Kalau Sejahtera itu, menurut saya, parkirannya cukup luas, tapi tetap saja daya tampungnya terbatas. Lokasinya juga daerah kemacetan, jadi kalau pesta di sini, harus punya spare waktu untuk kemacetan dan tentunya yang gerejanya deket-deket Taman Mini gitu kali ya..
Enaknya, gedung adat dan resepsi nasional terpisah, jadi meminimalisir kemungkinan kehabisan makanan di resepsi nasional. Saya memang tidak masuk ke dalam gedung pesta adat, tapi terlihat gelap, walaupun dilengkapi jendela-jendela yang besar. Sepertinya juga tidak berAC.

Corpatarin lokasinya di tengah perumahan dan tidak punya lahan parkir. Waktu menghadiri pernikahan seorang teman, jadilah parkir agak jauh. Jooo.. dah dandan cantik-cantik, sampe gedung ya jadi lecek karena harus jalan mayan jauh di bawah sinar matahari yang terik. Masih untung gak ujan sih..
Dan gedung ini tidak berAC, serta resepsi nasional lokasinya di balkon. Tapi tetep aja yaa ada Inang-Inang yang rela naek ke lantai 2..

Nah, gedung yang paling mantap ya, Gedung Mulia di kompleks Mulia-Raja, Kebon Nanas. Harganya juga sangatlah mantap!! *double thumbs-up* Full AC. Resepsi nasional di balkon juga. Gedungnya besar dan sangat bagus, juga terang. Kamar mandinya juga lumayan, kalaupun tidak bisa dibilang sangat bersih, tapi disediakan tisu. Cukuplah.


Jadi menurut saya memilih gedung harus mempertimbangkan faktor:
Budget
Ahiiyy.. ini nihh yang seruu.. gedung Batak itu harganya yahaaaa mihil parah.. Secara ya, harus luas karena memuat meja panjang dan kursi, lalu sewa 1 hari full, jadi si gedung cuma bisa ngadain 1 acara per hari. Kita juga harus memastikan harganya mencakup apa saja.


Lokasi Gereja
Karena acara adat langsung setelah Pemberkatan, jadi sebaiknya mencari lokasi gedung yang mudah diakses dari Gereja. Mengingat juga kondisi lalu lintas Jakarta tercintah ini yang tidak bisa diprediksi, jadi memang lebih dekat lebih baik. Kan kita juga perlu touch-up ria.. :D


Kapasitas
Setelah membuat list lokasi gedung yang relatif mudah dijangkau dari Gereja, mulai mencari yang kapasitasnya memenuhi.


Terakhir ya soal parkiran dan AC, serta prestige kali yaa..


Posting selanjutnya aja ya soal gedung-gedung hasil hunting saya.. :D

0 comments:

Post a Comment