Saturday, March 9, 2013

Bina Pra-Nikah

Saya bergereja di GKI dan satu syarat untuk bisa mengajukan permohonan nikah adalah telah mengikuti Bina Pra-Nikah. Ikut kelasnya sih harusnya bukan karena itu syarat mengajukan permohonan nikah ya, Mungkin awalnya begitu, tapi setelah mengikuti, pasti terasa kebutuhan mengikuti kelas-kelasnya.
Buat saya sih penting yaa.. jadi dibukakan macem-macemnya soal hidup pernikahan dan pastinya yang berdasarkan Firman Tuhan. Nikah kan bukan cuma tanggal besar itu saja, tapi many many years beyond that.

Setau saya semua GKI punya program Bina Pra-Nikah ini. Di GKI Kwitang dulu sih ada 2 tipe kelas: Kelas Reguler yang diadakan setiap Senin dan kelas Weekend yang diadakan di Sabtu.
Kelas reguler ada 10 kali pertemuan dengan durasi 2 jam, dan kelas weekend hanya 3 kali tapi seharian, jam 9am - 430pm. Tahun 2013 ini kelas yang buka hanya kelas Sabtu, sementara si boyfie kerja di hari Sabtu (puk puk sayang.. ).
Jadilah mencari kelas Bina Pra-Nikah lain dan untungnya GKI Kebayoran Baru mengadakan kelas di Februari. So, we enrolled. Gak masalah yang ikut anggota gereja lain.
Kelasnya sama 10 kali pertemuan tapi diadakannya setiap selasa dan jumat. Lokasinya juga  lebih mudah dicapai karena kantor kami berdua di Sudirman. Jadi deh setiap Selasa dan Jumat pergi ke kantor naek kereta. Hal yang sudah lama sekali tidak dilakukan.

Setiap pertemuan durasinya 2 jam. Topiknya mulai dari mengapa menikah, terus soal keuangan, soal komunikasi, seks sampai mendidik anak. Kelas kemarin isinya sampai 27 pasangan.
Topik-topiknya:
-Dasar-dasar pernikahan Kristen
-Masalah-masalah yang dapat mengancam kebahagiaan Rumah Tangga
-Listening & Empathy
-Komunikasi Antar Suami-Istri
-Pentingnya pendidikan bagi anak-anak
-Ekonomi rumah tangga Kristen
-Seksualitas dalam Pernikahan Kristen
-Pembinaan spiritual dalam kehidupan rumah tangga
-Catatan Sipil

Setelah selesai programnya dapet sertifikat loh. Di gereja saya juga sih. Dan sertifikat itu harus diikutsertakan ke dokumen pengajuan permohonan nikah, beserta copy surat baptis dan surat sidi. Tapi tidak semua yang ikut dapet, syaratnya harus ikut 8 kali pertemuan.
Di pertemuan terakhir juga dijelaskan soal berkas-berkas catatan sipil. Nanti bakal diposting sama foto contoh dokumennya ya.. Copy-nya ada di kantor.

Buat yang pengen tau jadwal Bina Pranikah GKI Kwitang bisa liat di sini :
http://gkikwitang.or.id/katekisasi-bina-pranikah/katekisasi-bina-pranikah.html

Jadi, kalau tertarik untuk ikut dan saya sih sangat menganjurkan untuk ikut ya, apalagi kalau gerejanya memang punya program.
Cek juga anjuran gereja harus ikut berapa lama sebelum pemberkatan.
GKI Kwitang itu dulu 3-6 bulan, tapi sejak 2012 berubah jadi 6-12 bulan.. hehe.. biar lebih mantap kali yaa..

Happy preparing yourself..

0 comments:

Post a Comment